kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pelaksanaan Program dan Kegiatan Tahun 2025 di Aula Prona, Jakarta Selasa 9 September 2025
kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pelaksanaan Program dan Kegiatan Tahun 2025 di Aula Prona, Jakarta Selasa 9 September 2025

EKABAR.ID – Sekretariat Jenderal Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menegaskan komitmennya dalam mendukung kelancaran seluruh program kementerian.

Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) ATR/BPN, Pudji Prasetijanto Hadi, saat memimpin kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pelaksanaan Program dan Kegiatan Tahun 2025 di Aula Prona, Jakarta Selasa 9 September 2025

“Peran Sekretariat Jenderal sangat penting. Biro-biro di bawah Setjen menjadi pendukung bagi direktorat teknis hingga Kantor Wilayah BPN Provinsi dan Kantor Pertanahan di daerah. Dengan adanya efisiensi anggaran, kita harus mampu mengelola program agar tetap berjalan optimal,” ujar Pudji.

Ia juga mengingatkan seluruh pejabat struktural di lingkungan Setjen untuk menjaga soliditas dan bekerja sesuai aturan.

BACA JUGA: RDP dengan Komisi II DPR RI, Menteri Nusron Paparkan Progres Pendaftaran Tanah Capai 98%

“Tugas kita semakin berat. Karena itu, kita harus saling percaya, menjaga kebersamaan, dan tetap kompak agar setiap program berjalan lancar,” tambahnya.

Kegiatan Monev dibuka oleh Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama, Andi Tenri Abeng, yang menekankan pentingnya evaluasi untuk memantau progres kinerja delapan biro di bawah Sekretariat Jenderal.

“Saat ini, realisasi penyerapan anggaran di delapan biro serta Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) menunjukkan perkembangan positif,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, delapan Kepala Biro di lingkungan Setjen ATR/BPN menyampaikan laporan masing-masing, antara lain Biro Perencanaan dan Kerja Sama; Biro SDM; Biro Organisasi, Tata Laksana, dan Manajemen Risiko; Biro Keuangan dan BMN; Biro Hukum; Biro Humas dan Protokol; Biro Umum dan Layanan Pengadaan; serta Pusat Data dan Informasi Pertanahan dan Tata Ruang. ***